Yulanda Saputra - Justru di Laut Kita Jaya!

Assalamualaikum Wr.wb

Salam Pemuda!!!

Perkenalkan Nama saya Yulanda Saputra, pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita dan pengalaman saya selama mengikuti kegiatan Kapal Pemuda Nusantara yang di adakan oleh Kementrian Pemuda dan Olah Raga RI dalam rangka mensukseskan kegiatan Sail Selat Karimat 2016. Setelah mengikuti training atau pembekalan sekitar 4 bulan, 4 oktober 2016 kami seluruh peserta Kapal Pemuda Nusantara 2016 dari tiap provinsi akan berkumpul di Jakarta untuk mengikuti kegiatan KPN 2016 hingga 2 minggu kedepan. Kami yang dari provinsi kepulauan riau berangkat dari bandara internasional raja haji fisabilillah tanjung pinang pada pukul 13.00 wib menggunakan Garuda Indonesia. Kami di antar ke bandara oleh para alumni KPN dan PPAN Kepri, tiba di gedung PPPON Cibubur yang merupakan tempat berkumpulnya peserta sekitar pukul 17.00 wib .Saya sangat merasa bersyukur ,senang dan bangga bisa mewakili provinsi di ajang nasional. Hari ini saya berkumpul dengan rekan rekan dari seluruh daerah di Indonesia, hari pertama kami saling berkenalan walaupun sebelumnya kami sudah berkomunikasi lewat WhatsApp kurang lebih sekitar 4 Bulan. Keseluruhan peserta KPN terdiri dari 99 orang dari 33 Provinsi, karna Papua Barat tidak mengirimkan Delegasi, didamping dengan para alumni dan beberapa anggota Kopassus dari TNI AD selaku Satuan Tugas. Malam pertama kami semuanya berkumpul ,kami semua menggunakan pakaian batik masing masing daerah. Kami di beri pengarahan,pembagian kelompok dan pembagian seragam.

Besoknya setelah sholat subuh kami melaksanakan senam pagi bersama sama dan mengikuti kegiatan pembukaan langsung oleh kemenpora Bapak Imam Nahrawi, dan Alhamdulillah saya di pilih sebagai perwakilan penyematan tanda peserta putra. Kami menuju Pontianak menggunakan Kapal Pelni KM.LAWIT, saya sangat menikmati kegiatan ini,walaupun sebagian dari kami banyak yang sudah pernah naik Pelni, tapi kali ini kami menikmati pelayaran menggunakan Pelni dengan suasana yang berbeda, banyak kegiatan yang kami lakukan di atas kapal seperti diskusi, olah raga pagi, yel yel, menerima materi, tour ship, dll .kami juga sering nongkrong di sepanjang kapal untuk foto2 dan sharing seputar daerah masing masing jika waktu istirahat.

Tanggal 9 Oktober kami tiba di Pontianak dan melewati sungai Kapuas. Ini pertama kalinya saya melihat dan memijakkan kaki di tanah borneo, sebelumnya hanya melihat dari foto saja. Kedatangan kami di sambut baik dengan pemerintah Provinsi Kalbar dengan Tarian dan beberapa jamuan makan siang. Kami melanjut perjalanan menuju Pulau Datok yang merupakan tempat perayaan puncak Sail Karimata menggunakan Pompong Klotok dan meleewati sungai Kapuas, pandangan kami di manjakan dengan pemandangan sepanjang sungai,mulai dari rumah rumah warga, pohon nipah, hutan manggruf dan air sungai yang berwarna coklat. Setelah menempuh perjalanan sekitar 8 jam ,kami pun tiba d pelabuhan tanjung pandan dan melanjutkan perjalanan menuju Desa Pangkalan Buton yang merupakan tempat kami homestay dengan menggunakan bus dengan jarak tempuh sekitar 1 jam.Kami juga di saambut baik dengan pemerintah Kabupaten Kayong dengan baik serta orang tua asuh selama di Desa Sukadana.

Di kami home stay dan melakukan beberapa kegiatan seperti,bakti social,ramah tamah bersama warga,menerima materi,tour ke sekolah sekolah setempat,menampilan kesenian budaya masing masing daerah dan banyak lagi. Seluruh peserta KPN mengikuti acara puncak sail selat Karimata dan di tugaskan untuk menyambut Bapak Presiden RI dengan menggunakan pakaian adat masing masing daerah.Acara puncaknya juga sangat meriah yakni di isi acara dengan sambutan Bapak Presiden RI,tarian,music,terjun paying oleh anggota TNI dll.setelah perayaan puncak selesai kami pun harus meninggalkan Desa Sukadana dan kembali menuju Pontianak,sambil menunggu jadwal Pelni. kami nginap selama 2 hari di Borneo Hotel dan pesiar di Pontianak,kunjungan ke Pemerintah Daerah, masjid raya,tugu katulistiwa,museum dan rumah adat Kalimantan Barat. Perjalanan di lanjutkan kembali kejakarta masih tetap dengan Pelni KM.Lawit,Masih bisa kami nikmati lagi suasana tidur dan melakukan aktifitas d atas Kapal sebelum tiba di Jakarta.Saat kami tiba di Jakarta ,kami melangsungkan upacara penutupan dan perpisahan,tidak sedikit di antara kami yang sedih dan menangis karna perpisahan,kesan dan pesan pun kami sampaikan.inilah awal dari silaturahmi yang terbina anatar kawan kawan dari berbagai daerah seindonesia untuk keluarga besar Kapal Pemuda Nusantara Sail Selat Karimata 2016.

Ucapan Terimakasih saya ucapkan kepada para alumni PCMI Kepri, kawan kawan seperjuangan, Dispora Kepri dan Kemenpora RI.
Sekian cerita dari saya,terimakasih Salam Pemuda !!