Alex - Sail Tomini!!!

Saya Alex, dulunya saya tidak pernah mengikuti kegiatan luar sekolah/kampus. Yang hanya saya tahu adalah: kerjain tugas, ngampus, cari duit untuk bayar biaya kuliah. I'm not interested to join any activity. Mending saya habiskan waktu dengan main game, makan nonton, ataupun liburan. Bisa kerja di bank umum sudah merasa tercukupi dengan semua ini.

Di bulan April 2015, kebetulan saya membaca poster seleksi PPAN dan KPN di website kampus saya. I thought it was an internship or exchange, dengan polosnya saya mendaftarkan diri untuk ikut seleksi.
Pada saat itu saya tidak pernah ikut roadshow ataupun briefing, jadilah saya tidak menyiapkan apa-apa untuk seleksi. Dengan menggunakan dress code seleksi yang sudah ditentukan dan membawa baju pribadi, saya pergi ke Tanjung Pinang (Ibu Kota Propinsi Kepuluan Riau). Padahal hari itu saya lagi UAS, dan saya harus bayar tiket kapal, transportasi dan UJIAN SUSULAN.

Setiba di tempat seleksi, saya sadar bahwa saya tidak sehebat peserta yang lain. Saya ga bisa berpantun, berpuisi, menari, masak ataupun bernyanyi. But it's okay, saya tetap optimis memberikan yang terbaik selama proses seleksi. :)

Setelah seleksi, beberapa minggu kemudian pengumuman peserta yang dinyatakan lolos, baik yang mengikuti PPAN dan KPN, dan terpilihlah saya sebagai salah satu peserta KPN Sail Tomini tahun 2015. Setiap keputusan yang diambil pastilah ada konsekuensi yang harus diterima. Konsekuensi yang saya terima adalah saya resign dari pekerjaan saya demi mengemban amanah demi negara.
Setelah dinyatakan lolos, tahap selanjutnya adalah local training. Dan saya pun berangkat program dengan sangat matang. Terimakasih kakak-kakak alumni.

* TENTANG PROGRAM 
Banyak kegiatan yang telah kami lakukan selama 30 hari di atas kapal. Hanya saya akan menjelaskan secara umum yah!

Selama di program kita harus selalu disiplin dalam segala hal, disiplin dalam waktu, cara berpakaian, lalu sopan santun. Karena kegiatannya sangat padat sehingga harus pandai dalam memanfaatkan waktu. Dari pagi sampai sore kami selalu ada kegiatan, baik materi, sharing session, games dan lain-lain.
Kami tidak hanya di atas kapal, kami juga mengunjungi berbagai kabupaten, di setiap kabupaten yang kami singgahi akan bertemu dengan pejabat daerahnya.

* Why Did I choose KPN?
Saya memilih program KPN karena saya ingin melihat Indonesia. Saya ingin melihat Indonesiaku yang begitu luas. Dan saya ingin menjawab ke orang luar, begini loh negaraku. Kita dari suku yang berbeda, budaya dan agama. Ketika di atas kapal, WE ARE NO LONGER CARE ABOUT THAT. Kita Indonesia, unity in diversity yang selalu dirasakan.
Program KPN telah memberikanku teman baru dari seluruh nusantara, kami sangat akrab meskipun berbeda umur, sifat, agama dan latar belakangnya, but we are always looking for care each other. Meskipun sekarang sudah berpisah, kami selalu keep in touch melalui internet.

Program ini bukan liburan or travelling, tetapi program yang bisa merubah seseorang menjadi pribadi yang lebih baik. ARE YOU READY TO CHANGE?



PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment