PROSES SELEKSI DAN TAHAPAN PENYISIHAN PESERTA



PCMI Kepri - Jum'at 23 Mei 2015 lalu, Purna Caraka Muda Indonesia bersama Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kepri telah selesai menyelenggarakan Seleksi Pertukaran Pemuda Antara Negara (PPAN) dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2015 untuk mewakili Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan ini diselenggarakan pada setiap tahunnya untuk mencari dan menyeleksi pemuda/i terbaik Provinsi Kepri untuk menjadi Duta Muda Indonesia yang dapat mempresentasikan diri mereka dalam segi kebudayaan, kepimpinan, konstribusi sosial, kewirausahaan dan pemuda yang memang memiliki jiwa semangat untuk memberikan yang terbaik bagi Provinsinya.


Tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana seleksi dilaksanakan terpusat dan langsung di Ibu Kota Provinsi Kepri yaitu Tanjungpinang. Namun hal ini tidak menyulutkan rasa semangat dan antusiasme peserta yang ingin merebut tempat sebagai kandidat perwakilan Kepri dalam ajang Nasional maupun Internasional. Para peserta sangat semangat yang cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan seleksi, mereka sudah tiba di Lobby Hotel Halim Tanjungpinang sejak pukul 09.00 WIB untuk registrasi ulang peserta dan mendapatkan tanda peserta seleksi. Sebelumnya peserta sudah dihimbau oleh PCMI Kepri untuk berpakaian rapi menggunakan baju kemeja putih, celana/rok hitam, dasi dan scraf merah serta sepatu pantofel hitam, hal ini agar memberikan keseragaman kepada para peserta dan tidak adanya perbedaan satu sama yang lain.

Peserta yang ikut dalam seleksi ini merupakan pemuda/i terbaik utusan Kota/Kab yang ada di Provinsi Kep.Riau yaitu dari Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Anambas dan lain sebagainya. Pagi itu, tahap pertama yang harus dilewati peserta adalah Tes Tertulis yang mana pada tahap ini semua peserta akan di uji pengetahuannya mulai dari tes potensi akademik, pengetahuan umum, kebudayaan kepri, wawasan kebangsaan dan bahasa Inggris selain itu peserta juga di uji dalam isu-isu nasional maupun Internasional yang baru saja terjadi baik itu di negara mereka sendiri maupun di negara lain. Suasana mulai terlihat tegang dan sunyi dimana para peserta sangat serius mengerjakan soal-soal yang telah dibuat untuk seleksi tertulis kali ini. Peserta diberikan waktu 90 Menit untuk menjawab kurang lebih 100 soal yang terdiri atas 5 cakupan materi yang sudah ditetapkan oleh PCMI Kepri sebagai mitra dari Dispora Kepri itu sendiri.

Tahap pertama seleksi Tes Tertulis telah selesai, peserta disilahkan untuk istirahat mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya dan bagi laki-laki diberitahukan untuk melaksanakan shalat Jum'at di masjid terdekat hotel. Pukul 13.00 peserta langsung menuju restaurant untuk makan siang, dari suasana makan siang ini terlihat bahwa peserta mampu untuk tertib dalam adab makan, mulai dari ada yang memimpin do'a bersama. Makan siang telah dilalu peserta dengan penuh ketertiban dan kenyamanan, sekarang sudah waktunya peserta mengikuti rangkaian Acara Pembukaan Seleksi PPAN & KPN Kepri 2015 yang langsung dibuka dan disahkan oleh Kepala Dispora Provinsi Kepri.

Jam dinding menunjukkan pukul 16.00 sore, para pemuda kelihatan semakin tegang dan semangat karena sebentar lagi mereka akan masuk pada tahap kedua seleksi yaitu Tes Wawancara yang terdiri dari beberapa pos antara lain: pos psikologi, pos komunikasi, pos pemberdayaan masyakarak, pos seni dan budaya, pos ketaqwaan/keagamaan dan pos bahasa inggris. Suasana terlihat sangat tenang yang mana pada tiap pos diisi masing-masing 1 peserta dan 2 juri yang akan menanyakan hal-hal terkait pos yang sudah ditentukkan. Proses wawancara berjalan lancar, meskipun ada beberapa peserta yang kelihatan tegang, bahkan sebaliknya ada peserta yang all out menampilkan yang terbaik seperti berbicara menggunakan bahasa korea, menari dan menyanyi saat wawancara seni dan budaya. Tes wawancara ini diharapkan bahwa dewan juri dapat mengenal masing-masing individu peserta  dan menggali potensi yang ada, selain itu juga ingin melihat apakah peserta mampu berkomunikasi dengan baik dan bagaimana cara menyampaikan argumentasi dan jawaban.

Tes wawancara selesai hingga pukul 22.00 WIB dan ketika itulah diumumkan bahwa 21 peserta masuk ke babak Final dan akan kembali mengikuti beberapa tahap seleksi selanjutnya keesokkan harinya pada Sabtu, 24 Mei 20115. Adapun peserta yang berhasil masuk Babak Final adalah sebagai berikut:
  1. Olivia Febri Marvita
  2. Rahmawati
  3. Alex
  4. Ade Rizky
  5. Dea Aisyah
  6. Tengku Rezif Ditras
  7. Erna Permata Sari
  8. Parmasari
  9. Jannatul Firdaus
  10. Budi Triyo Suseno
  11. Dinda Imelda
  12. Jafri Ahmadi
  13. Netta Riandra
  14. Nessa Adelia
  15. David
  16. Elsy D.T
  17. Ivan Rivaldi
  18. Muhardy
  19. Reny Rahmalia
  20. Bob Edwin Normande 
  21. Prima Sue
Selamat kami ucapkan kepada para peserta yang berhasil masuk kebabak Final, semangat untuk hari esok dan tunjukkan yang terbaik dalam rangkaian Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Provinsi Kepri Tahun 2015. Peserta tetap menjaga sportifitas, saling bertukar pikiran, saling menyemangati satu sama lain, dan bekerjasama dalam sebuah kekeluargaan. Ini sudah menjadi perhatian penting sebelum peserta akan melewati tahapan-tahapan seleksi para peserta sudah diberitahu oleh alumni bahwa walaupun disini kita bersaing, bersainglah sportif dan jangan segan berbagi ilmu ke yang lain. Seleksi hari pertama telah selesai dilaksanakan, peserta dan alumnni beristirahat sampai ketemu keesokkan harinya.
Salam Pemuda,
PCMI Kep.Riau

PCMI Kepri

No comments:

Post a Comment